Materi Humas : "Menerapkan Profil Organisasi"

Penerapan Pembuatan Profil Organisasi 


A.    DEFINISI PROFIL ORGANISASI

Profil Organisasi disebut juga dengan Company Profile, yaitu berisi gambaran umum perusahaan, di mana perusahaan bisa memilih poin – poin apa yang ingin disampaikan secara terbuka kepada publiknya disesuaikan dengan kepentingan publik sasaran. Dan profil organisasi juga merupakan hasil cetak halam web tentang profil organisasi dengan fungsi sebagai media komunikasi dan alat pemberi informasi tentang perusahaaan anda kepada pihak lain yang membutuhkan.


B.     SISTEMATIKA PENYUSUNAN PROFIL ORGANISASI

     Adapun sistematika penyusunan profil perusahaan adalah sebagai berikut :

1.  Nama dan logo perusahaan.
Hal ini dapat mewakili visi, prinsip bisnis dan juga citra produk yang dibuat.  Oleh karena itu bagi banyak perusahaan logo bisa menjadi salah satu elemen yang sakral dan selalu ditempatkan pada bidang yang layak.

2.  Sejarah berdirinya usaha.
Hal ini berguna untuk memberi gambaran kepada pihak lain tentang landasan dan alasan perusahaan berdiri.  Dengan adanya sejarah pembaca diharapkan  dapat membayangkan proses panjang sebuah perusahaan.

3.  Visi dan misi perusahaan.
Memberikan gambaran akan cita – cita yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka panjang, serta berbagai upaya yang telah dan akan terus dilakukan oleh perusahaan dalam menggapai cita – cita tersebut.

4.  Kegiatan dan kinerja perusahaan.
Ada beberapa hal yang terkait dengan kegiatan dan kinerja perusahaan di antaranya :
    - Jenis produk yang ditawarkan.
    -Target market perusahaan.
    -Portofolio perusahaan.
    -Laporan keuangan.
    -Kontak perusahaan.


C.    TATA CARA PEMBUATAN PROFIL ORGANISASI

1.      Cover depan (wajib) berisi judul dan nama perusahaan.
2.      Kata pengantar (optional)
3.      Sejarah singkat (wajib) berisi tentang perusahaan anda. Bagaimana sejarah perusahaan anda          berdiri, perusahaan anda bergerak di bidang apa, dll. Silakan anda meramu kata yang tepat.
4.      Visi dan misi (optional tapi penting) hampir semua company profile pasti ada visi dan misi          perusahaan. Hal ini agar pembaca tau target perusahaan anda.
5.      Produk/jasa perusahaan (wajib) hal ini merupakan bagian terpenting. Hal ini berisi apa sih yang perusahaan anda tawarkan? Menjual produk apa saja? Menjual jasa apa saja?
6.      Kelebihan (optional tapi penting) halaman yang berisi kelebihan perusahaan bertujuan untuk        menarik para pembaca.
7.      Pengalaman perusahaan (optional) sama dengan poin nomor 6. Tujuannya adalah untuk menarik pembaca.
8.      Gallery foto (optional) tidak wajib, tapi pembaca dapat mengetahui kegiatan apa saja melalui        foto.
9.      Daftar klien (optional tapi penting) halaman klien fungsinya untuk menarik calon klien. Jika          perusahaan anda punya banyak klien, maka calon klien akan lebih percaya akan reputasi perusahaan anda.
10.  Cover belakang dan kontak informasi (wajib) cover belakang wajib dipasang kontak, alamat, nomor telepon dan fax, email, dan sebagainya.
11.   Lainnya (optional), seperti struktur organisasi, perlengkapan perusahaan, legalitas dokumen, dan sebagainya.

Ada beberapa kriteria company profile yang baik, yaitu:
1.      Desain company profile menarik, tidak over lebay, elegant, dan terlihat professional. Mendesain company profile bisa menggunakan software corel draw.
2.       Company profile mudah dibaca, jelas, dan singkat. Perhatikan juga keselarasan background.
3.    Bahan cetak company profile semakin bagus semakin terlihat professional. Namun perhatikan juga budget anda.
4.      Company profile harus berisi informasi penting perusahaan anda. Seperti poin-poin di atas, harus memuat poin-poin wajib dan sebaiknya memuat poin-poin optional.
5.      Terdapat gambar ilustrasi sebagai pelengkap materi.
6.      Company profile bentuk buku, usahakan halaman kelipatan 4.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS XI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN